Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Umum dan Tata Nilai

Setiap lulusan program studi Pendidikan Agama Islam harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika Islam
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat, lingkungan dan pendidikan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai-nilai Islam, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
  11. Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;
  12. Bertanggungjawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai Islam dan akademik

 

Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum

Setiap lulusan program studi Pendidikan Agama Islam harus memiliki pengetahuan umum sebagai berikut:

  1. Memiliki pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, dan wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
  2. Memiliki pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin;
  3. Mampu mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan duniakerja (dunia non akademik);
  5. Memiliki kemampuan berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingin tahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
  6. Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keislaman sebagai paradigm keilmuan;
  7. Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam.

 

Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum

Setiap lulusan program studi Pendidikan Agama Islam harus memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. Memiliki pengetahuan  materi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam jenjang sekolah dan madrasah
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora  dan Islam sesuai dengan bidang keahliannya
  3. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
  4. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dan Islam sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  5. Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  6. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

 

Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus Program Studi

  1. Terampil menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran PAI secara baik dan tepat sesuai kerangka dan prosedur;
  2. Terampil mengembangkan kurikulum operasional dan mengembangkan materi ajar yang kontekstual dalam pembelajaran PAI;
  3. Terampil menerapkan pendekatan dan metode pembelajaran PAI yang mendidik, efektif, menyenangkan, dan bermutu;
  4. Terampil mendesai nalat, media, bahan ajar dan sumber pembelajaran PAI yang relevan, bermakna dan mendidik;
  5. Terampil menyusun instrumen, melaksanakan dan mengolah hasil penilaian Pembelajaran PAI secara manual maupun berbasis system aplikasi;
  6. Terampil melaksanakan perbaikan pembelajaran PAI secara berkesinambungan melalui tindakan reflektif dan lesson sudies.